Kamis, 12 Juni 2014

Wajah bebas jerawat !! Apa bisa ?


Pernah dengar ga orang bilang “cantik itu di mulai dari dalam”.
Wihhh.. Kedengarannya puitis banget ya ?? Hihihii. 
Tapi menurut ku cantik itu dasarnya emang dari dalam loh..
Kenapa ?...
Karna jika tubuh kita sehat, cantik/tampan akan mengikuti di belakang...
Duh senangnya bagi yang punya gaya hidup sehat..
*iri, soalnya aku anak kos yang sering makan mie di akhir bulan jadi maklum aja klo jerawatan. hikss* (..>,<..)
Coba angkat tangan yang punya masalah “JERAWAT” ? *echa angkat tangan tinggi-tinggi*
Kebetulan aku tipe orang yang punya jerawat aktif loh, 
kenapa aku bilang aktif ?
Sebabbb... Jerawat aku punya prinsip hilang 1 di pipi muncul 2 di jidat..  (..>,<..)

Aku bahkan sempat pake krim abal2 yang harganya 100 ribuan untuk satu paket perawatan wajah lohh.*jujur banget*
Tapi abis itu aku insyaf temann, tau kenapa ?
Soalnya ngeri banget tau krim-kirim  abal-abal yang aku pake itu ga bagus buat kesehatan tubuh dan kulit, bahkan bisa menyebabkan kanker.. *aku suka nonton investigasi di TransTV* ehhehee..

Semenjak tau gitu aku mulai ke dokter kulit, tapi sayang ga berhasil juga. *jadi sekarang aku cuma pke produk lokal*
Padahal harga krim + obatnya lumayan mahal buat kantong anak kost kaya aku. *miris*
Aku tipe orang suka protes, secara aku sudah mahal-mahal ke dokter tapi ga juga sembuh nie jerawat. Dokternya dengan senyum cuma jawab “Mba-nya sering makan makanan junk food ya ?!”. Teman aku yang saat itu nemenani aku kedokter —namanya isti— nyenggol aku sambil nyeletuk. “cha, kamu kan sering makan in**mie”. ketahuan deh

Jujur aja nih ya, aku bukan tipe orang yang punya gaya hidup sehat.
Tapi sekarang aku sudah mulai coba nerapin gaya hidup sehat. Apa gaya hidup sehat yang aku terapin secara aku hanyalah seorang anak kos dengan dana pas-pasan ? Dan ini nih Tips atasi jerawat dari aku yang bisa kamu coba :
Tidur cukup
Aku nerapin kebiasaan tidur cepat, dan menghindari bergadang. Biasanya aku sudah mulai tidur sekitar jam 9-10, paling malam pasti sekitar jam 11.
Membersihkan wajah sebelum tidur
Ini penting ! Jangan pernah bawa tidur debu jalan / make-up ya teman. Karna kotoran di wajah akan menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat di kesokan harinya.
Olahraga ringan dipagi hari 
Biasanya ini adalah hal yang paling malas dilakuin. Aku bangun tidur sekitar jam 6.30, olahraga sebentar sekitar 20 menit. Ingat ya, bagi yang punya muka kilang minyak sejati dunia akherat, jangan suka bangun tidur siang hari. Soalnya belajar dari pengalaman aku dulu, hal itu bikin muka bengkak + jerawat meradang. Dan itu jelek bangettt ! >,<
Mandi pagi
Banyak sebagian orang yang meremehkan mandi pagi, terkadang orang suka mandi sesuai jam aktif kegiatannya. Padahal menurut aku mandi pagi itu penting loh teman. Wajah yang berminyak saat bangun tidur itu harus segera di bersihkan, kalo ga muka bakal terlihat kusam. Mandi pagi juga bikin tubuh segar dan lebih semangat dalam beraktifitas. ^-^
BAB lancar
Ini penting ya teman. Di banding krim malam, BAB di pagi hari lah yang paling baik. Dari buku yang pernah aku baca *Fantastic Cosmetic punya Melida teman ku* kotoran yang lama berhenti di usus besar mengandung zat berbahaya seperti amoniak dll akan di serap lagi oleh tubuh dan mengakibatkan munculnya jerawat.
Makan sehat dan kurangi ngemil
Sumpah, bagi aku ini adalah yang paling sulit —alay—. Aku susah banget makan makanan sehat. Bukan karna aku ga suka makan sayur ato buah ya.. Tapi karna aku ga punya cukup dana buat tiap hari beli sayur + buah, Soalnya aku anak kos. *miris* (..>,<..) Jadi aku selalu usahain makan sayur 3 hari sekali, entah itu beli, masak sendiri, atau numpang makan di rumah teman aku *Melida*..ahahaaa LOL >,< Aku suka pake banget ngemil, tapi demi kesehatan dan juga wajah bebas jerawat hal ini mulai aku kurangi. 
Skin care
Temann... Wajah berjerawat jangan di biarin tanpa perlindungan dong. Awali dengan memilih skin care yang sesuai jenis kulit mu. Berfokuslah untuk menuntas kan jerawat mu, jangan tergoda dulu buat memiliki kulit putih ala putri salju. Percuma muka putih tapi jerawat punya perkampungan dimuka, iya ga ? Kalo bnyak yang ngeluh masalah harga skin care dari dokter yang mahal coba deh pake skin care dari produk lokal.
Sunblock wajah
Banyak yang berspekulasi *alah bahasa gue* sunblock itu ga penting. Big NO, sunblock itu penting banget buat kamu yang berjerawat, jerawat mudah meradang jika terpapar sinar UV A dan UV B —aku beberapa kali baca hal ini di berbagai situs—. Sunblock wajah jadi salah satu andalan aku sebelum keluar rumah. Selain membuat kulit ga tambah item karna terbakar matahari, sunblock juga membuat kulit ga cepat keriput lohh.
Hindari stres dan jaga kebersihan
Anak kos kaya aku paling gampang stres klo sudah banyak tugas kuliah dan masalah di akhir bulan, apalagi klo bukan masalah duit. Tapi hal ini aku sikapi dengan ngutang keteman.. Ahahaa*jangan dicontoh ya* Menonton tv atau kumpul bersama teman bisa kamu coba untuk solusi menghindari stres. Selain itu jangan lupa membersihkan kuku dan merapikan rambut. Merapikan rambut disini maksudnya adalah tidak menutupi jerawat pake rambut. ini dlu adalah kebiasaan aku, soalnya malu banget klo ada jerawat terus terekspos media ihihihihii.
Tapi yang ada jerawat makin menjadi, mungkin rambut aku yang kotor karna debu dll. Makanya jerawat makin menjadi. Jadi buat kalian aku saranin banget ga nutupin jerawat pke rambut, mending ditutupin pke masker.
Klo aku sih punya prinsip mending dikira kena flu dari pada ketahuan punya jerawat. ahahahaa

ini foto 2 bulan lalu, jalan dari pagi-malam. make-up sudah luntur
tapi masih pede, soalnya jerawat sudah ga ada.. ^^

itu lah tips-tips dari aku yang bisa kamu coba, saran aku sih buat kalian yang punya masalah jerawat, mulai lah hidup sehat teratur dan konsultasikan masalah mu ke dokter ahli. Tapi bagi yang takut bayar dokter mahal atau sebagainya, kalian bisa cari-cari solusi di buku atau situs-situs sejenisnya di internet... ^-^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar